Penyebab Penyakit Asma

Penyebab penyakit asma
Asma adala suatu penyakit pernapasan yang dapat muncul pada semua orang. Asma merupakan keadaan pernapasan yang sesak karena  hiperaktivitas terhada rangsangan tertentu, yang menjadi penyebab peradangan, sesak napas ini bersifat sementara. Penyempitan saluran napas pada seorang penderita asma  saat menanggapi rangsangan pada paru-paru normal tidak dapat mempengaruhi saluran pernapasan. Pemicu penyempitan ini biasanya disebabkan oleh berbagai rangsangan, seperti serbuk sari, debu, bulu binatang, asap, udara dingin dan olahraga.

Penderita asma biasanya harus berusaha sekuat mungkin untuk bernapas karena otot polos dari bronki mengalami kejang dan jaringan yang melapisi saluran udara mengalami pembengkakan karena peradangan (inflamasi) dan pelepasan lendir pada saluran udara.

Penyempitan saluran udara ini yang bertanggung jawab adalaha sel-sel tertentu pada saluran udara terutama mastosit. Mastosit sepanjang  bahan bronkus ini membentuk seperti histamin dan leukotrien yang menyababkan;- Kontraksi otot polos - formasi peningkatan lendir - transfer sel darah putih tertentu ke dalam bronkus. Mastosit materi dikeluarkan sebagai respons terhadap apa yang mereka ketahui sebagai benda asing (alergen) seperti serbuk sari, debu halus yang hadir di rumah atau bulu.


Namun Penyebab Asma juga bisa terjadi pada beberapa orang tanpa alergi tertentu. Reaksi yang sama terjadi ketika orang tersebut berolahraga atau berada dalam cuaca dingin. Stres dan kecemasan juga bisa memicu pelepasan histamin dan leukotrien.

Sel-sel yang lainnya eosinofil ditemukan di saluran udara pasien dengan bahan rilis asma lainnya (serta leukotrien), yang juga menyebabkan penyempitan saluran udara.

Asma juga dapat disebabkan oleh tingginya rasio plasma bilirubin sebagai akibat dari stres oksidatif yang disebabkan oleh oksidan.

Tidak ada komentar: